Jumat, Februari 27, 2009

BERANI PINDAH KARIR ?

Saat kecil kita dulu seringkali jika ditanya pengin jadi apa? …biasanya seketika menjawab …insinyur !...mungkin yang lain bilang ..tentara…ada lagi yang berteriak ….jadi pilot!... dan mungkin kebanyakan milih jadi ..dokter ..bahkan …pengin jadi presiden (seperti lagunya Joshua)

Kemudian setelah kita menginjak dewasa …akhirnya mungkin ada yang benar-benar menjelma seperti yang dulu diimpikan … namun tak urung banyak yang ternyata “gagal” … (meski hal ini bukan selalu menjadi lebih buruk loh!)

Paling tidak jika anda perhatikan gambar berikut ini ….

(OK sekarang kita sedikit lebih serius ya …)

Nah pada saat kita memulai merintis karir (entah apapun) maka acapkali kita dihadapkan pada banyak ambivalensi …diakui atau tidak .. kadang kita tetap merasa belum yakin ..apakah karir saya ini memang sesuai dengan yang saya inginkan …saya minati .. dan saya cintai..?

Dilema kemudian akan makin terasa manakala karir yang telah kita “geluti” … ternyata pada satu fase mengalami “kejenuhan”… atau bahkan “ketidakpuasan”. Seandainya situasi tersebut tidak mampu kita redam … apa yang mesti kita lakukan ya ?


Apa akan tetap “nekat” menggeluti karir selama ini ….ATAU kita punya cukup keberanian pindah ke karir lain yang muncul belakangan?

Apa yang perlu dipertimbangkan & dipersiapkan jika tiba-tiba kita ingin/terpaksa pindah karir disaat usai yang sudah tidak cukup muda lagi (40 tahun keatas)?

Saya yakin tentu jawabannya akan sangat beragam …toh jika memang pengalaman seperti diatas pernah atau bahkan tengah anda alami …ada baiknya anda mau sharingkan ….
(Moga-moga ini bisa sedikit memberikan pencerahan buat saya & temen-temen pembaca lainnya)

12 komentar:

  1. Posting sampeyan kali ini benar2 mengusik pikiranku...karena memang akhir ini adi masalah buat diriku.
    Aku ngerasa kadang2 sering timbul kejenuhan dalam menjalani profesi yang "baru" tak jalani sekitar 15 tahunan ini, notabene teman sejawat lain bahkan sampe seumur hidupnya. Terbersit pikiran seandainya karena faktor kesehatan yg tidak memungkinkan untuk meneruskan profesi ini apakah ada profesi lain yg bisa ku switch agar bisa tetap bertahan hidup?
    beberapa pemikiran meuncul juga, sebenarnya dg statusku yg "swasta" mudah aja banting stir, tetapi untuk memulai itu sulit, rencana ku mungkin enggak ganti profesi, tetapi memiliki profesi sampingan... entah itu sebagai profesi penunjang atau profesi yg benar2 beda...
    Aku kepingin besok buka rumah makan, bengkel/service station, rumah kost, juga hotelpenginapan ...ni kagi nyari2 lokasi yang strategis...Kalo profesi sebagai Blogger, kayaknya manfaat secara bathiniah aja, secara materi buat dibisniskan aku nggak "tega" tuh...ntar jadi hilang essensi persahabatannya mas....

    BalasHapus
  2. Hah..ternyata life is begin at 40 .. masih menyisakan PR yang belum tuntas ya buat kita semua … minimal njenengan yg di “swasta” dan aku yang ‘orang pemerintahan”
    Untuk “samben” atau “ngobyek” sudah aku lakukan 3 tahun ini melalui karir konsultan …ini lah yg akhir2 ini mengusik saya & kelihatannya akan makin mengerucut …mana yang mesti kupilih … (kalau yg profesi hampir 10 th ini aku “drop” …he..he..) tinggal alternatif jalur akademisi atau konsultan ? idealnya sih bisa dua-duanya ..(eh opo malah kemaruk ya??)
    … so joint & welcome to the club ..!

    BalasHapus
  3. Karir memang sesuatu yang bisa disebut sebagai garisan hidup atau nasib. Iya semuanya ada konsekwensi logis yang harus kita hadapi jika kita salah memutuskan walaupun pasti TUHAN tahu yang terbaik buat kita. Manusiawi memang, di saat kita sudah merasakan pahit manisnya karir yang kita geluti dari "nol" tiba2 perasaan jenuh menerpa kita sehingga kita mulai berpikir untuk cari pencerahan, "SESUATU YANG WAJAR & MANUSIAWI". Seandainya kita akan alih karir atau banting stir ya tetap temukan karir yang benar-benar sesuai dengan hati nurani yang paling dalam, jangan asal ambil sebagai pengganti karir yang sudah ada... Hidup memang perlu kerja keras disertai do'a supaya membawa berkah hidup di DUNIA dan terutama AKHIRAT sebagai tujuan utama kita setelah selesai tugas di dunia...Saya sendiri juga merasakan hal yang sama dengan profesi saya sekarang dikarenakan sistem kerja yang masih konservatif dan rekan-rekan kerja yang terlalu banyak iri, dengki serta selalu mencampuri urusan orang lain jadinya jenuh dech...

    BalasHapus
  4. setuju... salah satu tugas utama sekaligus tantangan terbesar dalam hidup ini adalah untuk berani "memilih" dan akan selalu begitu ....semoga anda, saya dan kita semua tidak sedemikan salah dalam menentukan pilihan karir ini ...

    BalasHapus
  5. kalau menurutku kerja itu harus having fun, kayak menikmati hobi, nggak terpaksa, jadi kalau pindah karir tapi lebih menyenangkan dr yg semula why not ?

    BalasHapus
  6. Mas Bontot, posting mu ini ku angkat jadi bahan posting terbaruku....hehehe....boleh kan..? nggak plagiat kok, wis kadung...hehehe...

    BalasHapus
  7. mbak Ely trimakasih komennya, ckp rasional.. cuma selain having fun tentu lebih bagus lagi juga have more FUND..ha..ha

    BalasHapus
  8. nggih monggo mas srex ulas lagi topik ini menurut kacamata njenengan...bagaimanapun setelah aku cermati ...eh ternyata kita msh mirip ya...jd ingat nih masa 17 th yll..... tengkyu sobat!

    BalasHapus
  9. huaaa makasih ya atas komentarnya dan link ke marih. Hm... resign apa engga ya?

    BalasHapus
  10. resign ...tekk...tekkeek...tidak ...tek...tekkeek....resign.....tek..tekkek....tidak....
    mbak Quin ...karier...profesi ..nggak perlu dicintai berlebihan kalaupun hrs berubah....nggak jd meratap ...toh byk yg bisa dikejar ...diraih dan dinikmati ....tp yg penting jgn emosional yg jd alasannya ....bisa jadi stlh menikah ...akan lebih jernih semuanya ...agenda anda toh harus bisa disinkronkan jg dg pasangannya ...ya nggak ....jd mau resign boleh ...tdk jg nggak apa-apa ...apa kesepakatan dg suamilah yg lebih menentukan ....semoga

    BalasHapus
  11. dari artikel yang aku baca, itu jenuh karena kita melakukan pekerjaan yang begitu-begitu saja. solusinya kita coba ubah ritme kerja kita jadi nggak kepikiran untuk resign.

    BalasHapus
  12. @coffeoriental: resign krn jenuh mgkn memang bisa bro/sis, tp resign krn panggilan tugas yg lebih penting atau mengeksplore jati diri mungkin nggak bisa deh dg cara mengubah iramanya aja .. mungkin lho, btw thanks sdh mampir

    BalasHapus