Minggu, Februari 15, 2009

SI MISKIN....SUDAH BOLEH SAKIT ?


Judul sebuah buku yang tentu sempat menggelitik kesadaran sisi humanisme kita beberapa tahun yang lalu yaitu "Orang Miskin Dilarang Sakit!" ..
yang mana eksistensinya oleh penulis ingin mencoba menggambarkan kisah tragis yang sering dialami oleh saudara kita yang menghadapi ketimpangan, ketidakadilan dan kemalangan saat harus berobat ke rumah sakit. Mulai dari pelayanan yang tidak ramah sampai ditolak hanya karena tidak memiliki kartu miskin ...
Sekilas saya langsung teringat lirik lagu "Ambulan Zig-zag" dari Iwan Fals yang terkenal sekitar 30 tahun yang lalu....benar 30 tahun yang lalu fenomena ini terekam secara apik & lugas dalam liruk lagu tersebut ...terus apa artinya ini ???

Saya coba flashback untuk melihat bagaimana perkembangna 10 tahun terakhir ....
sebenarnya dana triliunan rupiah telah digelontorkan mulai dari program Jaringan Pengaman Sosial Bidang Kesehatan (JPS-BK) untuk masyarakat miskin di tahun 1998 hingga sekarang dikenal dengan nama Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS)

Apapun itu pada akhirnya toh saya masih merasakan kegalauan yang kian menguat manakala dihadapkan pada sebuah pertanyaan besar ...

"APA SI MISKIN SEKARANG SUDAH BOLEH SAKIT ....?"

cah bontot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar