Rabu, Juni 10, 2009

RASA AMAN ITU (HARUS) ADA ..!


Berbicara soal perasaan "aman" /security pada diri pasangan kita, pada umumnya pria beranggapan bahwa sisi emosional tak pernah terkait langsung dengan sisi "rasa aman" di diri perempuan. Mengapa? sekali lagi bagi pria kebanyakan akan berpandangan bahwa rasa aman lebih diartikan menurut ukuran materi tanpa ada urusannya dengan masalah emosi.. padahal menurut penelitian hal itu sangat salah buat sebagian besar perempuan!

Sehingga untuk lebih memahami apa arti sesungguhnya "rasa aman" yang didambakan oleh sebagian besar perempuan dan ini bisa jadi pedoman praktis bagi pria yang ingin memberikan rasa aman yang sesungguhnya buat pasangannya, maka berikut ini ada beberapa catatan menarik dari hasil studi di buku "FOR MEN ONLY", yaitu antara lain:

1. She feels that the two of you are close

Meskipun anda tinggal seranjang & bahkan sering melakukan hubungan sex bukan jaminan dia akan merasa "dekat" dengan anda ! Bagaimana cara untuk bisa merasa lebih dekat ? Ternyata denga hanya bahasa tubuh sederhanapun bisa...! misal anda cukup merangkul dia saat menyeberang jalan yang ramai..(atau anda juga punya pengalaman serupa lain ...silahkan dikonfirmasi ke pasangan kita masing-masing?) Satu hal lagi yang penting agar anda bisa lebih "dekat" dengan dia yaitu jadikan anda sebagai sobat kental-nya, tapi nggak harus sampai seperti temen ngerumpi/ngobrol, cukuplah bahwa anda menjadi orang yang paling tahu siapa dia sesungguhnya

2. She feels secure when you make time together a priority

Buat suami yang waktu, tenaga & pikiranya sering terkuras untuk urusan pekerjaan, maka situasi tersebut bisa jadi bumerang bagi rasa aman istri karena merasa harus berkompetisi "memperebutkan" alokasi waktu yang tersisa dari suaminya. Jika ingin menciptakan rasa aman, maka tunjukkan konsistensi bahwa waktu untuk bersama dengan istri anda tetap menjadi prioritas, meskipun tidak setiap ada waktu senggang berarti harus dihabiskan hanya untuk itu.

3. She feels secure when you demonstrate your commitment

Ada cetusan yang bisa menggambarkan situasi tersebut diatas : " I need to know that he will be there for me, no matter what. We have a good relationship, but I still need to know that he's not going anywhere-physically or emotionally !"

4. She feels secure when you are active in parenting and the life of the home

Serepot-repotnya pria untuk mencari nafkah, masih ada satu tugas lagi jika ingin pasangannya merasa lebih "aman", minimal kita mesti rela meringankan beberapa pekerjaan rumah yang selama ini dilakukan istri, semisal mengajak main anak-anak, mendampingi belajar mereka atau minimal anda cukup mengapresiasi secara tulus tentang pekerjaan domestik dari istri yang memang sungguh sangat berat dan melelahkan tersebut.

5. She feels secure when you do make an effort to provide
Usaha keras kita untuk mencari nafkah juga bisa mendatangkan rasa aman buat istri. Sering suami lebih berorientasi kepada hasil, sedangkan istri kita sebenarnya lebih melihat dan menghargai lebih pada prosesnya ! Memang idealnya adalah bisa seimbang.."ana obah bisa mamah" (ada usaha keras maka akan bisa mendatangkan hasil yang setimpal untuk menikmati hidup.. semoga)

PS :
Sebenarnya agak berat mempostingkan tulisan yang satu ini, disaat aku masih harus konsentrasi jadi single parent untuk sementara..(maklum my sweety sedang umroh ngantar boss-nya) Tetapi mengingat aku sudah pernah berjanji (terutama pada dukun dari gerombolan si berat maka alhamdulillah selesai juga ...)

20 komentar:

  1. hihihi.. utang postingan ternyata ke bongjun... xixixixi

    BalasHapus
  2. Artikel menarik bro.setuju semua dari 1-5.sungguh!

    BalasHapus
  3. kerja sampe malam,pulang marah2,istri selingkuh.. apalagi yg dicari dari hidup? yang pasti2 saja,uang toh bisa dicari,hidup tenang dan bahagia,tergantung diri sendiri..
    PS: BJ lagi gak di rumah,amannn..amannn... kesempatan nih malem2 jalan2 ke alun2,atau ke diskotik deh,cuci otak,Mas ..xixixi

    BalasHapus
  4. wah,...matur suwun Cah,..pokoke kulo will praktekin,...

    single parent ? hahahaha,...nyanyi cah nyanyi xixi

    BalasHapus
  5. @Quinie: sori sis ..maksude buat semua kok ..tp yg ngebet banget tuh sang dukun-nya ..xi..xi (sori yg aku br ngeh kalo blm nge-link ke blogmu ..dasar pelupa ..soriiii)

    @Aisha: mtrnwn ..sunggguh :)

    @Mr.P: gila lu my BJ umroh bro! ntar gw kesamber petir gimana? dasar bajul tuwo ..ha..ha

    @Bongjun: lanjutkan ! makin cepat makin baik ! xi..xi..xi
    PS: emang disuruh nyanyi apa ? I'm single and very hepi si Opi atau "sendiri"-nya si Acil Bimbo...:(

    BalasHapus
  6. mah uapik iki, aku praktekin deh ntar tp sama siapa yahhhh :(
    btw blognya aku follow yahh, klo ndak keberatan follow balik yahhh. makasihh n salam kenal

    BalasHapus
  7. @Dunia Polar: wah arek suroboyo ..salam kenal mas, maturunuwun sdh berkunjung, sumonggo saling me-link mawon ya, kalau mau tanya dg siapa mo prakteknya .. jgn ke saya dong ..ha..ha.

    BalasHapus
  8. Kayaknya 5 poin diatas udah 'pernah' kulakukan...hehehe...
    Sekarang situasine wis beda, perlu re-charge nih...
    @buat mr bajul tuwo: simak baik2 ya.,gak peduli selingkuhanmu cewek russia, ini universal mas...kurangi 'your self manipulation'...wakakakakk....

    BalasHapus
  9. Kayaknya 5 poin diatas udah 'pernah' kulakukan...hehehe...
    Sekarang situasine wis beda, perlu re-charge nih...
    @buat mr bajul tuwo: simak baik2 ya.,gak peduli selingkuhanmu cewek russia, ini universal mas...kurangi 'your self manipulation'...wakakakakk....

    BalasHapus
  10. *ngelus2 jengot mode On*
    hmmmm.....lagi jomblo ya Om?!...xixixixixi....kabuuuur!!!
    (sambil berlari mode On*...nggak usah nuruti BangJuuuuun.....nggak usah nyanyiiiiii!!!)...xixixixixi

    BalasHapus
  11. to Mas Srex: aku hanya berusaha mewarnai muka Mas Topo yg pucat itu agar lebih berwarna .. bukankah memberi nasehat kepada sahabat itu perbuatan yg mulia xixixi
    PS:yg kesamber gledek kan dia,bukan aku ..huhuyyy

    BalasHapus
  12. @ Srex: percoyo !...jatuh bangunnya aja gw jg tahu ..xi..xi..xi.. pesenmu buat bajul tuwo pas skl tuh dia ambruk 2 hr kan krn self manipulation habis2an ..wkwkwkwk

    @ Fer: dasar kyai mbeling! aseeeem ik.. aseem !

    BalasHapus
  13. AMAN adalah hak kita......

    BalasHapus
  14. semua points di atas ada semua deh di BJ ku mas, Insya Allah, sampai sekarang dan selamanya *boleh donk bangga sama suami*

    sampeyan pasti juga termasuk khan ?

    selamat momong anak :)

    BalasHapus
  15. @ Mr.P: gundulmu amoh ...! wakawkakwkak
    @ Ircham: betul mas apalagi thd pasangan kita ..selain aman tapi hrs juga "mengamankan" ha..ha..tks sdh mampir
    @ Ely : ya mbak alhamdulillah ikut seneng your BJ sdh mengamalkan "pancasila" tsb dg konsisten & konsekuen xi..xi.. semoga sampai kaken-ninen...amin ... dan semoga sayapub demikian ....amin lagi ..

    BalasHapus
  16. salam kemnal dari saya,,,
    sebuah blog yang bagus

    BalasHapus
  17. @Abah: terimakasih & salam kenal mas, dari Siak ya.. kpn2 mampir lagi ...dan gantian sy jg pengin jalan2 ke anda .. :)

    BalasHapus
  18. salam kenal kawan apa kabar nice blog

    BalasHapus
  19. Abah datang lagi ingin menjalin persahabatan yang akrab bersamamu

    BalasHapus
  20. @bunga raya: salam kenal jg mas.. trmksh sdh mampir

    @abah: he..he. silahkan mas, saya msh bontot msh malu2 in ..

    BalasHapus