Sabtu, Agustus 07, 2010

INTRIK


Intrik selalu ada di setiap komunitas dimanapun berada, bahkan di lembaga keagamaan yang katanya menjunjung tinggi nilai etika ataupun di dunia kampus yang katanya menjunjung tinggi profesionalitas dan obyektivitas.

Intrik lebih banyak terjadi karena berbagai motif utama biasanya terkait tahta, harta dan wanita/gender.

Kepiawaian dalam melakukan intrik nggak bakal didapat dalam bangku sekolah, dia kelihatannya baru bisa diperoleh melalui proses pembelajaran/latihan secara langsung, bahkan mungkin otodidak karena dengan ditunjang oleh watak/karakteristik tertentu agaknya bisa lebih cepat menguasai berbagai teknik/metode melakukan intrik.

Bagaimana sikap kita selama ini jika melihat intrik dengan berbagai macam motif/alasan maupun tujuannya masing-masing ? Ada yg mungkin kaget dan terbengong-bengong, ada yang lalu bersikap agresif melawan, ada yang hanya diam tapi dengan perasaan marah atau sungkan, atau ada pula yang sampai muak dan jijik melihat tingkah polah para pelaku intrik tersebut..

Dunia ini panggung sandiwara judul lagu terkenal yang dulu dinyanyikan Duo Kribo si Achmad Albar dan Ucok AK seakan kembali terngiang dikuping ini ..

Dunia ini panggung sandiwara
Cerita yang mudah berubah
Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani
Setiap kita dapat satu peranan
Yang harus kita mainkan
Ada peran wajar ada peran berpura pura

Mengapa kita bersandiwara
Mengapa kita bersandiwara

Peran yang kocak bikin kita terbahak bahak
Peran bercinta bikin orang mabuk kepayang
Dunia ini penuh peranan
Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

Mengapa kita bersandiwara
Mengapa kita bersandiwara

Dunia ini penuh peranan
Dunia ini bagaikan jembatan kehidupan

Mengapa kita bersandiwara

2 komentar:

  1. Intrik adalah nafsu. Sedangkan sandiwara adalah pelengkap permainan,....nampaknya baik intrik maupun sandiwara akan terus "dinyanyikan" sampai akhir zaman dari jiwa-jiwa yang gelap.

    Selamat menyambut Ramadhan dan Menjalankan Ibadah Puasa Cah,....Salam dari pulau.

    BalasHapus
  2. @Bong Jun: iya sebuah episode perseteruan abadi kelihatannya .. Selamat poso semoga berkah utk kita semua ya Bong ..suwun

    BalasHapus