Sabtu, November 14, 2009

PELIT AMAT SIH ?


Seminggu yang lalu saat saya buka di FB kulihat status seorang teman yang kebetulan tokoh penting di sebuah organisasi tingkat nasional. Dia menulis informasi sepotong yang membuat saya jadi tertarik yaitu tentang sebuah kegiatan yang cukup penting terkait regulasi kesehatan di negeri ini. Karena memang merasa butuh, saya langsung tulis di dindingnya sambil menyapa dengan ramah ..yang intinya minta agar diberi informasi tambahan tentang yang dia tulis tersebut. Lalu saya menanti jawabannya, 3 menit berlalu .. 5 menit berlalu masih belum ada jawaban. Saat nunggu tersebut mulai ada temannya yang lain nimbrung ngasih komen yang saya rasa cuma basa basi.

Saya tetap memonitor statusnya, setelah hampir satu jam nggak ada jawaban, kebetulan ada satu orang yang komentarnya berisi sesuatu yang menurut saya keliru. Saya beranikan diri untuk membalas komentar itu tepat dibawahnya, sambil tidak lupa mencoba "menyindir" yang punya status. Apakah ada respon ? huuuff..! ternyata masih negatif ! Sambil mbatin aku tinggalkan statusnya, tiba-tiba saya teringat peristiwa serupa ternyata pernah kualami dan kebetulan juga dengan orang yang sama...aaarggh!

Apa kalau kita mau berbagi ilmu & informasi dianggap akan mengurangi stok yang ada seperti kalau kita membagikan uang/barang yang kita miliki? Pengalamanku membutkikan kalau kita mau sharing sesedikit apapun ilmu yang kita miliki, maka efeknya akan luar biasa ! Bukan pada orang lain yang mungkin membutuhkan ilmu kita tetapi justru buat kematengan ilmu yang kita miliki. Semakin kita mau membagi semakin mateng pula ilmu kita dan hukum alamnya bak laksana tanaman, maka akarnya jadi kian berotot menghujam kedalam tanah. Selanjutnya tanamannya akan menjulang tinggi ke angkasa, sedangkan buahnya yang segar makin banyak menggelantung didahannya .. intinya tak akan habis tapi malah akan makin subur dan manfaat ilmu kita. Jadi hai kamu ..kenapa PELIT AMAT SIH?

12 komentar:

  1. Waaaahhh....memang ada kok orang yang moel kayak gitu....
    maunya diperhatiin tapi nggak mau respon ke orang lain.
    Mungkin temanmu itu sebenarnya nggak tahu banyak, jadi dia sendiri nggak berani ngladenin keinginanmu Top....wis lah...cuekin aja, kalo perlu 'del' aja...hehehe
    Kalo aku udah beberapa orang yg ku delete namanya sebagai teman di FB, biasanya yang sehari update lebih dari 5 kali dan nggak mutu, malah bikin sakit mata aja....hehehe...masih banyak teman lain yg lebih baik kok Top.....

    BalasHapus
  2. pa kbr cah?? btw sy jg inget 2 tmn sy yg berantem krn slh satuny ga mau berbagi ilmu.. alasanny krn ilmu itu mahal, ada sekolahny.. pdhl, ga semua ilmu itu hrs djual yahh..!!

    BalasHapus
  3. saya sering ketemu "manusia" kayak gitu,....aneh juga sama ilmu dan pengetahuan saja kok pelit ya ?

    yah sudahlah cah forget it !!! esa hilang berjuta terbilang hahaha

    BalasHapus
  4. nambah komen,....oalah lupa nanya, itu bukan sayaaaaaaa kaaan ???? hahaha

    BalasHapus
  5. @Srex: kelihatannya yg terakhir .. mgkn jaim jg dia soale wis dianggap tokoh kok konangan oon nya xi..xi.. siaap.. lgs aku del Ndan !

    BalasHapus
  6. @Nita: kabar apiik... msh bocah mbak ..suka merajuk kalau nggak dikasih permen ha..ha.. kalau kita beli ilmu mungkin memang mahal ..tapi kalau kita nambah ilmu ..hmmm gratisssss !! (halah promosi nih xi..xi..) tks ya sdh mampir lagi kesini ..

    BalasHapus
  7. @Bong Jun: serasa hidup di pulau aneh nih bong .. tp bkn di natuna lho dan jelas bkn kamu, mmmm... kamu kan orangnya ramah, baik hati, dermawan dan suka menolong... (kalau lagi nggak kumat ..ha ha ha) tks bro..

    BalasHapus
  8. perasaan udah komen,ternyata di fb ya xixixi .. biarin aja Mas,mungkin beliau ilmunya full tapi pahalanya null ..

    BalasHapus
  9. @Mr.P: sdh aku del sesuai sara Ndan Srex jadi bener2 null statusnya ha..ha..

    BalasHapus
  10. sayang ilmunya ngga manfaat, atau apa mungkin takut lahannya diserobot kali ya Om....
    kalo ane emang minim ilmu, sukanya yang praktek2 ajah....hehehehe
    wah jadi takut nulis status banyak-banyak nih....xixixixixi

    BalasHapus
  11. @Fer: asem ik bisa jadi spt itu cak .. emang mau praktek apa lagi cak .. kalau futsal itu nggak praktek namanya tp itu main ..ha..ha..

    BalasHapus
  12. he he... sebenarnya ngga usah takut ya berbagi ilmu itu. wong kita sendiri juga belajar ilmu itu dari orang lain...

    soal takut tersaingi, kalau kita terus menerus belajar, ya ngga mesti takut juga yaaa... kecuali kalo kita mandek :-)

    d.~

    BalasHapus