Kamis, Juli 09, 2009

KEGAGALAN BUKANLAH BENCANA ..



Saat ini saya sedang dihadapkan pada seabreg pekerjaan dengan jadwal yang kian ketat, namun ada satu urusan yang sepertinya sanggup mengalahkan semua perhatianku dari pekerjaan itu, apalagi kalau bukan tentang anak !

Setelah berhasil lulus UAN SD namun dengan nilai dianggap "mepet" .. karena jika dibandingkan dengan teman lainnya nilai rata-rata 7 ternyata masih dianggap terlalu rendah ..? Saya jadi teringat dulu saat lulus SD dengan rata2 nilai yang sama sudah menembus minimal 10 besar ..!

Anakku ini seakan jadi potret diriku waktu kecil dulu, kalau diminta belajar ..alasannya sudah kok padahal belum/males lebih seneng main bola ama anak2 seusianya sampai maghrib, pas waktu ujian ditanya bagaimana bisa le? dengan enteng menjawab: "ah gampang kok pak ...cuma ada sedikit yang sukar !"

Nah setelah keluar hasil UANnya dan kemudian mendaftar sekolah SMP yang dipilihnya ..akhirnya terbuka deh semua ..dia harus rela kalah dan gagal masuk SMP favoritnya! Saya cuma bisa menepuk jidat ini karena mulai puyeng mikirin bagaimana nasib sekolah anakku yang nomor dua ini? rasa penasaran bercampur kegelisahan mendadak muncul .."what's wrong boy ?? kenapa kita bisa gagal ? kenapa nggak bisa ngikuti jejak kemenangan dari sang nomor DUA ? ..kamu kan juga anakku yang nomor DUA!!" (aarrrghhh... ! maaf saya tahu nggak ada relevansinya antara pilpres dengan pilsek alias pilihan sekolah dari anakku ... soalnya jika sedang mengalami stressor kuat seperti ini biasanya muncul pikiran yang aneh-aneh dan nggak jelas juntrungnya ...)

Namun yang jelas kegagalan ini emang terasa pahit ..buat saya dan terutama buat dia! Satu-satunya upaya selain nambah doa, saya biasanya membenamkan diri dengan berbagai kesibukan(termasuk nulis postingan ini ..), dan saat mata yang sudah ikut letih ini mulai ngantuk ...tiba-tiba seperti ada yang menggerakkan kedua bola mataku menangkap sebuah bayangan buku kecil diantara tumpukan buku-buku lain yang terserak diujung meja kerja saya. Buku itu pelan-pelan kutarik, oh ternyata bukunya si Paul Arden yang sempat ku beli di bandara sebulan yang lalu, judulnya : "Whatever you think...think the opposite". Masih dengan agak males aku mulai membuka halaman demi halaman ..dan sejenak kemudian mata ini mendadak berbinar seperti layaknya menemukan sebuah mutiara dalam seonggok sekam yang mulai membusuk.. di halaman 114 buku itu terpampamng judul "Mum ! I've failed my exams. Disaster? It's an achievement"

It's commonplace to do all right or be somewhere in the middle.
Being bottom or neat the bottom has merit.

Many people who bottomed out at school have gone on to be rich and succesful, not due their pass marks, but because of their imagination.

So in order to succed in your failure, you have to think of your failed situation as a good place to start from.

Good marks will not secure you an interesting life
Your imagination will

19 komentar:

  1. The way people deal with things that go wrong is an indicator of how they deal with change (Bill Gates), btw Walt Disney was fired once because his drawing ability wasn't good enough!
    [ from : Clueless in Starting Bussiness ]

    BalasHapus
  2. @aki fer: good ..good..good !
    @Mr.P: aku jg nggak pernah naik kelas/kena terminasi saat kuliah ... eeh skrg malah jadi dosen ..piye jal bro? xi..xi..xi hancur minaaah !

    BalasHapus
  3. konon salah satu si jenius di dunia ini( sorry saya lupa namanya hahaha), juga gak pernah dianggap di oleh gurunya,... namun emaknya selalu mendorong dengan kasih sayang,....dan ternyata gurunya salah tenan xixi...tu anak namanya malah masuk dalam daftar pelajaran siswa di seluruh dunia hahahaha,....

    kepintaran is one thing,..but kesuksesan is another thing,...

    di tangan cahbonsetrum,...saya yakin anak nomor 2 ini bakalan kayak nomor 2 di cikeas.

    salam dari planet aneh.

    BalasHapus
  4. @ bongjun: it's nice ! thanks bro ..amiiiin

    BalasHapus
  5. >BangBongjun: kepintaran is one thing,..but kesuksesan is another thing....setuju sama Bang-Bong (ngikut + copas) hehehehe....
    -ane juga anak no 2 dari 3 bersaudara....prestasi dalam pendidikan juga tidak bisa dibilang pandai, ranking juga pas-pasan...sampai Orang Tua ane dulu sambat "kesel ngeplo'i anak'e uwong sing dadi bintang kelas terus" hehehehe
    -Ranting yang masih muda lebih mudah untuk dibengkokkan daripada yang sudah tua.....xixixixi....ane yakin si junior nomer 2 bakalan lebih hebat dari seniornya
    -semangat Om!....semangat Junior!
    btw namanya siapa Om?....hahahaha

    BalasHapus
  6. @Fer: wah nomor dua juga to kamu bro... aku jg sih anak nomor dua dari bawah he..he. ( no 9 dr 10 ). Kasihan ya malah ngeploki orang lain ..xi..xi.. pinter psy war jg ortu ente ! BTw Tks ya supportnya .. nama panggilannya Vito (sandhya kresnajati)

    BalasHapus
  7. nggak mudah ya mas jadi orang tua, inget ortu 2 jaman dulu yg jumlah anaknya banyak gimana ya bisa menghandle semuanya.

    terkadang ada pelajaran yg bisa dipetik kala seseorang tidak bisa meraih apa yg diinginkannya, maksudnya ke depannya ada yg lebih baik yg sesuai dgnnya yg sekarang mungkin belum disadarinya, ini menurut pengalamanku dulu mas ^_^

    BalasHapus
  8. happy birthday ya ommmm... semoga makin rajin ngeblognya :D & also wishing you all the best :)

    BalasHapus
  9. Ane anak pertama. *hubungannya apa yak?

    Mau ngucapin selamat ulang taun buat o0m t0p. *makin gak nyambung.

    BalasHapus
  10. @ El : ya bener sis, jadi ingat kami ber-sepuluh ..kalau mau makan aja mesti njelimet biar "adil" ..satu telur didadar tipis lalu diiris setepat mungkin ...hmmm masa lalu yg pilu tapi skrg justeru terasa indah & bs kami syukuri ... tks ya
    @Qunine & Mel: maturnuwun sis, GBU too !

    BalasHapus
  11. wah ttg telur itu hampir sama mas, lam. ibuku juga dulu begitu, maklum tujuh bersaudara

    memang lagi ultah ya mas ? met ultah ya ... wish u all the best

    BalasHapus
  12. mampir, besok2 baru komen hehheheh

    salam

    BalasHapus
  13. @ Ely: wah saingan dong mbak ...saingan melase ... xi..xi.. , alhamdulillah maturnuwun amiin ..
    @Angel: lho kok ?...tapi trmksh sdh mampir, beneran lho mba :)

    BalasHapus
  14. Weyy, met ultah y cah.. Biar sukses selalu, lhr btn, dunia akherat.. Ga msk smp paporit bwt brarti kiamat, cah.. Biasa deh, anak umur segetho blm mikirin masa dpn.. Jgn bosen ngasih motivasi aja

    BalasHapus
  15. wah selamat ultah cah,..sorry telat soalnya di laut macet xixixi,.....wish you luck,...

    BalasHapus
  16. @Nita: maturnuwun doa & supportnya semoga diberikan balasan yg berlipat ganda amiin

    @Bongjun: nggak ada yg telat kalo buat kamu kok berader.. tks a lot .. semoga kamu jg makin sukses ya amiin

    BalasHapus
  17. engkau papa yang baik, saat dirimu butuh jawaban Tuhanpun kirimin dikau jawaban dari buku.

    Btw, nggak ada salahnya juga nggak masuk ke sekolah favorit, mungkin nanti di sekolah favorit dia malahan nggak sanggup karena tingginya persaingan. Selalu ada rancangan yang baik bang.

    btw, ,bukunya referensi yang oke, nanti tak coba cari di toko buku buat referensiku.

    BalasHapus
  18. @Coffeoriental: makasih mas, pengalaman ini jd cermin jernih buat saya ... nggak semuanya bisa mulus semulus jalan tol..
    buku itu jg jd salah satu favoritku .. msh ada satu yg sdg kucari dr bukunya Paul Arden: God Explain In A Taxi Ride.. katanya lebih ciamik cuma sayangnya blm ketemu nih :((

    BalasHapus